Bagaimana Cara Dipimpin oleh Roh Tuhan

pentecost-holy-spirit-descent-on-disciples

Kita baca di Kisah Para Rasul bahwa Tuhan menekankan pentingnya dipimpin secara Roh Tuhan dalam pelayanan dan bimbingan dalam segala situasi kehidupan. Jike kita sungguh belajar mendengar Tuhan kita dapat: melewati segala kesesatan dan penipuan berjalan dalam kebenaran; mengetahui mana nubuat asli atau palsu; membuat keputusan yang benar dalam kehidupan; lebih peka akan bahaya atau peluang yang ada di depan dan mengetahui pelayanan mana kita harus lakukan.

Bahkan website internet, media, gereja dan banyak video Youtube dapat menjadi benar atau salah sama sekali, Dia ada di sini untuk membawa kita kepada kebenaran. Ada banyak hal yang harus dilakukan dengan benar seperti : doktrin alkitab yang benar, mengikuti Firman Tuhan, berdoa, taat, dll. Tetapi pengajaran ini khusus tentang di pimpin secara Roh.

  A.)   DASAR UNTUK DIPIMPIN

1. Hubungan kita dengan Tuhan

–  Kita adalah roh, kita memiliki jiwa, kita tinggal di dalam tubuh daging(1 Tes 5, 23)
–  Jika kita ingin berhubungan dengan Tuhan, kita harus menyembahnya dalam roh dan kebenaran, karena Tuhan adalah Roh, dan dia adalah kebenaran (Yoh 4, 23-24)

2. Dipimpin oleh Roh Allah

–  Mereka yang di pimpin oleh Roh Allah adalah Anak anak Allah. (Rom 8,14). Ini adalah di lahirkan kembali yaitu orang percaya.
–  Memimpin kita menuju semua kebenaran, penolong dan penghibur, lebih besar yang di dalam kita (Yoh 14, 15, 16)
–  Tuhan bersama dan di dalam kita. Kita mendapatkan perjanjian baru dengan Roh.

3. Apa yang dapat menyesatkan kita?

Tegar tengkuk, hati dan telinga yang belum di sunat. Selalu melawan Roh Kudus, Kisah Para Rasul 7,51

–  Keinginan daging, nafsu dan kegoisan
–  Penilaian yang salah, ambisi dan kesombongan
–  Iblis, luka, pemikiran sudah tercemar
–  Duniawi, tertekan, opini, hikmat manusia, filosofi manusia
–  Tradisi turun temurun, denomisi
–  media, dan sensasi
–  Ide bagus tapi bukan ide nya Tuhan
–  Kasih sayang antar manusia, terutama dalam pelayanan
–  Takut akan sesama manusia dan opini orang lain
–  Rasa takut daripada iman

B.)   BAGAIMANA IA MEMBIMBING KITA

Setidaknya ada 6 cara Roh Kudus menuntun kita. Ada yang secara halus ada juga yang sangat spektakuler. Semuanya dari Tuhan, tetapi KUNCInya adalah untuk tidak melewati pesan dari Tuhan adalah peka dengan yang halus dengan tidak mencari yang spektakuler. Semuanya adalah supernatural, tetapi yang halus biasanya umum dan sulit terlihat, sebaliknya yang spektakuler mudah terlihat tetapi sangat jarang terjadi.

Holy-Spirit-Know-Christ-Return-EL2

1. Saksi yang ada di dalam

Ini adalah CARA UTAMA, cara Tuhan menuntun kita dengan Roh-Nya. Walaupun sulit untuk di jelaskan, saksi bukanlah suara, tetapi perasaan terdalam, konfirmasi, apakah ini lampu merah atau hijau, kedamaian atau ketidaknyamanan terhadap sesuatu, apakah ini YA atau TIDAK berasal dari Tuhan diberikan oleh Roh Kudus. Orang sering berkata “Tuhan mengatakan ini atau itu” banyak kali sehari, tetapi ini sangat sulit dipercaya. Lebih sering orang tersebut mendengarkan dirinya sendiri dan tertipu, karena cara yang paling umum bukanlah suara tetapi merasakan secara supernatural.

Dalam pengalaman pribadi, Aku dipimpin oleh yang ada di dalamku lebih sering terjadi. Jadi lebih baik fokus belajar mengetahui yang dari TUHAN di bidang ini.

–  “Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita,…” (Rom 8, 16)

–  “Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil  di Asia..” (Kisah 16, 6-7)

–  (1Yoh 2, 26-27) (Ams 20,27) (Yoh 14 & 15)

Kita lihat bahwa komunikasi supernatural yang halus terjadi ketika kita rendah hatim sensitif dan berdoa supaya dapat menemukan Tuhan. Saksi yang ada di dalam datang kepada kita setiap hari dalam segala situasi dengan menuntun kita, tanpa kita minta, juga dalam waktu berdoa ketika kita meminta TUHAN untuk meminta konfirmasi atas jawaban permasalahan kita.

Setiap orang Kristen, bahkan nabi. Mereka memiliki karunia untuk pelayanan, tetapi mereka juga perlu mendengar dari Tuhan sama dengan yang lainnya.

2. Suara Tuhan

Suara Tuhan dapat selembut dan kecil seperti kisah Elia di gunung (1 Raja 19:11-13), atau sejelas dan kuat seperti suara langsung, yang mana sulit untuk di lewatkan.

-“ Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!” ( Kis 8:29)

-“ berkatalah Roh  “Ada tiga orang mencari engkau. Bangunlah, turunlah ke bawah dan berangkatlah bersama-sama dengan mereka, jangan bimbang, sebab Aku yang menyuruh mereka ke mari” (Kis 10:19-20)

-berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka” (Kis 13:2)

  1. Mimpi

Suatu tanda pencurahan Roh Kudus di jaman akhir sejak hari Pentakosta adalah mimpi dan penglihatan (Kis 2:17). Walaupun hal ini tampak spektakuler dan sulit untuk dilewatkan, kita tetap di anjurkan untuk berdoa dan mencari kebenarannya sebagai konfirmasi atau penjelasan akan maknanya.

-“ Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya. Dalam mimpi, dalam penglihatan waktu malam, bila orang nyenyak tidur, bila berbaring di atas tempat tidur, maka Ia membuka telinga manusia dan mengejutkan mereka dengan teguran-teguran” (Ayub 33:14-16)

-“Dan sebuah penglihatan yang muncul bagi Paulus di malam hari. Seseorang dari Macedonia berdiri dan meminta padanya dan berkata “Datanglah ke Macedonia dan tolonglah kami” (Kis 16:10+Kis 18:9)

ezekiels-wheel-ufo1

4. Penglihatan

Ada 3 tingkat yang berbeda dalam penglihatan:

  • Penglihatan dalam Roh: dimana Tuhan mengijinkan kamu melihat dan mendengar di dalam roh: “Sekarang, ada seorang murid di Damaskus bernama Ananias; dan kepadanya Tuhan memanggil dalam penglihatan, ‘Ananias’. Dan ia menjawab, ‘ya saya Tuhan’. Tuhan berkata padanya, ‘Bangun dan pergilah ke jalan yang bernama Jalan Lurus..’ (Kis 9:10-16)
  • Penglihatan terbuka: seperti melihat layar besar: “Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia. Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: “Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?”..” (Kis 9:3-6)
  • Setengah sadar/hipnotis: dimana kamu berinteraksi di dalam penglihatan seperti yang terjadi pada Petrus “… tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi. Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah. Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: “Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!” Tetapi Petrus menjawab: “Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir. “Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya…” (Kis 10:10-16)

birth-of-jesus-foretold-the-angels-of-christmas-part-two-mary-and-angel-gabriel

5. . Pesan-pean yang disampaikan melalui Malaikat

Cara ini cenderung mencurigakan dan penuh kontroversi, serta menakutkan bagi mereka yang berhati-hati terhadap penyesatan “malaikat terang”, daripada mendengar langsung dari Tuhan. Namun, mari mengingat bahwa ada beberapa pesan penting yang disampaikan oleh Malaikat, seperti pesan kelahiran dari seorang perawan kepada Maria dan beberapa pesan jaman akhir yang diberikan pada Daniel dsb. Hanya pastikan ini semua sejalan dengan Firman Tuhan.

-“Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: “Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza.” (Kis 8:26)

-“..berdirilah Paulus di tengah-tengah mereka dan berkata: “Saudara-saudara, jika sekiranya nasihatku dituruti, supaya kita jangan berlayar dari Kreta, kita pasti terpelihara dari kesukaran dan kerugian ini! Tetapi sekarang, juga dalam kesukaran ini, aku menasihatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati, sebab tidak seorangpun di antara kamu yang akan binasa, kecuali kapal ini. Karena tadi malam seorang malaikat dari Allah, yaitu dari Allah yang aku sembah sebagai milik-Nya, berdiri di sisiku dan ia berkata: Jangan takut, Paulus!..” (Kis 27:21-26)

6. Para nabi atau orang beriman

Tuhan dapat berbicara dan memimpin kita melalui seorang nabi dengan menggunakan karunia pengetahuan, karunia hikmat atau nubuat. Juga melalui saudara/i kita yang diurapi oleh firman Allah atau nubuat, karena kita adalah tubuh dengan banyak anggota. Kita perlu mencari kebenaran perkataan ini dengan keyakinan iman dan haruslah alkitabiah. Pesan dari seorang nabi seringkali bersifat memperbaiki, oleh karena itu harus diterima dengan iman. KebenaranNya mengungkapkan hal-hal penting dalam hidup kita yang memerlukan perbaikan dan perubahan, dan hendaknya di terima dengan kerinduan, bukan ditolak karena ketakutan, mengingat Tuhan sedang memimpin kita kepada kehendakNya.

  • “Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia. Seorang dari mereka yang bernama Agabus bangkit dan oleh kuasa Roh ia mengatakan, bahwa seluruh dunia akan ditimpa bahaya kelaparan yang besar. Hal itu terjadi juga pada zaman Klaudius. Lalu murid-murid memutuskan untuk mengumpulkan suatu sumbangan, sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dan mengirimkannya kepada saudara-saudara yang diam di Yudea.

Kesimpulannya, segala sesuatu yang kita dengar HARUS sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan di kitab suci, karena sgala yang berasal dari Roh Kudus akan selalu benar. Tetaplah hidup di dalam firman, doa, persekutuan, doktrin yang benar,  terus belajar dan mencari Dia lebih lagi dan hiduplah di pimpin oleh Roh Kudus. Segala pujian hanya bagi Tuhan!

 

~Barangsiapa mempunyai telinga hendaklah mendengar apa yang Roh katakan pada gereja, Wahyu 3:22~


(DITERJEMAHKAN/POST OLEH: WWW.MENUJUABBA.WORDPRESS.COM -PESAN, WAHYU, NUBUAT, RAHASIA, PENGLIHATAN DAN PENGAJARAN TERLENGKAP DARI TUHAN YESUS KRISTUS DI AKHIR ZAMAN)

Iklan