Perumpamaan Akhir Zaman : 5 Gadis Bijaksana dan 5 Gadis Bodoh

TENTANG LAMPU MINYAK 1/2 PENUH dari 5 GADIS YANG TIDAK BIJAKSANA

Tidak semua orang Kristen itu sama, beberapa diantaranya memiliki lampu minyak yang penuh dan beberapa orang lain lagi diantaranya tidak memiliki atau hanya memiliki separuhnya saja…


Jika Anda pernah bertanya-tanya tentang perbedaan antara gadis dengan lampu minyak yang terisi penuh dan lampu minyak yang tidak terisi penuh, di sini ada beberapa contoh: Matius 25: 4 sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka

virgins9


1.
Lampu minyak ½ penuh – Kristen yang suam-suam kuku (Wahyu 3:16)
Lampu minyak penuh – Mempelai KRISTUS (Efesus 5:27)
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku. (Wahyu 3:16)
Supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela. (Efesus 5:27)

2.
Lampu minyak ½ penuh – Tidak pernah menginginkan baptisan ROH KUDUS (Matius 25: 3)
Lampu minyak penuh – menginginkan baptisan ROH KUDUS (Matius 25: 4)
Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak (Matius 25:3)
sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam buli-buli mereka. (Matius 25: 4)

3.
Lampu minyak ½ penuh – Sangat malas untuk membaca dan menuruti Firman Alkitab (Wahyu 3:18)
Lampu minyak penuh – Alkitab menjadi Firman hidup oleh karena pelumas mata ROH KUDUS (Wahyu 3:18)
maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. (Wahyu 3:18)

4.
Lampu minyak ½ penuh – Memiliki kesalehan tinggi tetapi menyangkali karunia roh yang berasal darinya (2 Timotius 3:5)
Lampu minyak penuh – Memiliki bukti adanya ROH KUDUS dalam dirinya: Karunia roh (Kis 19: 6)
Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! (2 Timotius 3:5)
Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (Kisah para Rasul 19:6)

5.
Lampu minyak ½ penuh – Mengikuti tradisi manusia (Gal 1:14.)
Lampu Minyak penuh – Mengikuti ajaran ROH KUDUS (1 Kor 2:13.)
Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku. (Gal 1:14.)
Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. (1 Korintus 2:13)

6.
Lampu minyak ½ penuh – Berupaya dengan kehendak diri sendiri (atau kehendak musuh TUHAN) (Yohanes 8:44)
Lampu minyak penuh – Sepenuhnya berada di Kehendak Allah (Yohanes 5:30)
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. (Yohanes 8:44)
Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. (Yohanes 5:30)

7.
Lampu minyak ½ penuh – Tidak berminat dengan hal tentang Kedatangan TUHAN (2 Petrus 3: 4)
Lampu Minyak penuh – Memperhatikan, bersemangat, dan terus menunggu kedatangan TUHAN (2 Tim 4: 8).
Kata mereka: “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.” (2 Petrus 3: 4)
Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya. (2 Tim 4: 8)

figurer5-vaksala-400

8.
Lampu minyak ½ penuh – hanya tertarik dalam karya ajaran / pekerjaan yang dikagumi oleh orang kebanyakan (Matius 23: 5).
Lampu Minyak penuh – memahami bahwa keselamatan adalah anugerah dari TUHAN dan bukan karena hasil pekerjaaan kita (Efesus 2:8-9)
Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; (Matius 23:5)
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. (Efesus 2:8-9)

9.
Lampu minyak ½ penuh – Bekerja UNTUK keselamatan (Mat 7: 22-23)
Lampu Minyak penuh – Bekerja KARENA keselamatan (Roma 7: 4)
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7: 22-23)
Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah. (Roma 7: 4)

10.
Lampu minyak ½ penuh – Melawan dosa dengan kedagingan dan rasa frustrasi (Gal 6: 8.)
Lampu Minyak penuh – Melawan dosa dengan Kekuatan ROH KUDUS (Gal 5:24)
Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu. (Galatia 6: 8.)
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. (Galatia 5:24)

11.
Lampu minyak ½ penuh – Mengikuti gereja yang suam-suam kuku (1 Kor 2:14.)
Lampu minyak penuh – Mengikuti gereja yang menyambut baik gerakan dari ROH KUDUS (1 Kor 2:10.)
Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. (1 Korintus 2:14)
Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. (1 Korintus 2:10.)

Ten-Virgins

12.
Lampu minyak ½ penuh – Kristen adalah tentang agama (Yesaya 29:13)
Lampu Minyak penuh – Kristen adalah tentang suatu hubungan (Matius 7:23)
Dan Tuhan telah berfirman: “Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan (Yesaya 29:13)
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:23)

13.
Lampu minyak ½ penuh – mencari TUHAN hanya sekali atau dua kali seminggu di gereja (Matius 7:23).
Lampu Minyak penuh – berjalan dengan TUHAN setiap hari sebagai layaknya rekan / teman sejati dengan teratur (Yakobus 4: 8)
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:23)
Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! (Yakobus 4: 8)

14.
Lampu minyak ½ penuh – Hanya berdoa ketika krisis datang (Mazmur 78:42)
Lampu Minyak penuh – Berdoa setiap hari dan sepanjang hari (1 Tesalonika 5:17)
Mereka tidak ingat kepada kekuasaan-Nya, kepada hari Ia membebaskan mereka dari pada lawan (Mazmur 78:42)
Tetaplah berdoa. (1 Tesalonika 5:17)

15.
Lampu minyak ½ penuh – tidak peduli / acuh tak acuh terhadap penjangkauan jiwa-jiwa (Markus 8:38)
Lampu Minyak penuh – tidak bisa berhenti berbicara tentang TUHAN kepada orang lain (Mazmur 34: 2)
Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus.” (Markus 8:38)
Karena TUHAN jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita. (Mazmur 34: 2)

16.
Lampu minyak ½ penuh – Berusaha mencari jawaban dengan cara-cara duniawi (Yesaya 31: 1)
Lampu Minyak penuh – Berusaha mencari jawaban hanya melalui TUHAN (Mazmur 20: 7)
Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN (Yesaya 31: 1)
Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.(Mazmur 20: 7)

17.
Lampu minyak ½ penuh – Menganggap bahwa pembicaraan tentang “neraka” itu terlalu keras (2 Tim 4: 3)
Lampu minyak penuh – Menganggap bahwa pembicaraan tentang “neraka” itu memang diperlukan (Mat 18: 9)
Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. (2 Timotius 4:3)
Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua. (Matius 18: 9)

five-wise-and-five-foolish-virgins

18.
Lampu minyak ½ penuh – Membuat banyak rencana tentang masa depan (Yakobus 4: 13-14)
Lampu Minyak penuh – Mengerti bahwa TUHAN lah yang memegang masa depan (Wahyu 1: 8)
Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. (Yakobus 4: 13-14)
“Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.” (Wahyu 1: 8)

19.
Lampu minyak ½ penuh – Tidak mengakui dan merasa nyaman dengan hal-hal “supranatural” / roh (2 Tim 3: 5)
Lampu minyak penuh – Mengakui dan merasa nyaman bahwa TUHAN adalah “supranatural” / roh (Kisah Para Rasul 2:17)
Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu! ((2 Timotius 3: 5)
Akan terjadi pada hari-hari terakhir–demikianlah firman Allah–bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. (Kisah Para Rasul 2:17)

20.
Lampu minyak ½ penuh – Sangat menyayangi acara-acara sekuler TV / Musik / Film (Wahyu 3:17)
Lampu Minyak penuh – Tidak tertarik dengan acara-acara sekuler TV / Musik / Film (1 Yohanes 2:15)
Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, (Wahyu 3:17)
Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. (1 Yohanes 2:15)

21.
Lampu minyak ½ penuh – mempercayai harta duniawi (Wahyu 3:17)
Lampu Minyak penuh – Hanya percaya kepada TUHAN, tidak ada yang lain (Ayub 13:15-16)
Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, (Wahyu 3:17)
Lihatlah, Ia hendak membunuh aku, tak ada harapan bagiku, namun aku hendak membela peri lakuku di hadapan-Nya. Itulah yang menyelamatkan aku; tetapi orang fasik tidak akan menghadap kepada-Nya. (Ayub 13:15-16)

22.
Lampu minyak ½ penuh – Penuh kekuatiran tentang masa depan (Matius 6:31-32)
Lampu Minyak penuh – Hidup dalam damai dan tenang meskipun banyak berbagai bencana (Filipi 4: 7.)
Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. (Matius 6:31-32)
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. (Filipi 4: 7.)

23.
Lampu minyak ½ penuh – Berusaha mencari pengetahuan keduniawian (2 Tim 3: 7.)
Lampu Minyak penuh – Percaya layaknya seperti iman seorang kanak-kanak (Mat 18: 4)
yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal kebenaran. (2 Timotius 3: 7)
Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. (Matius 18: 4)

24.
Lampu minyak ½ penuh – Peduli dengan apa yang dipikirkan orang (1 Kor 2:13)
Lampu Minyak penuh – Peduli dengan cara TUHAN berpikir (1 Kor 2:12)
Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.(1 Kor 2:13)
Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. (1 Kor 2:12)

25.
Lampu minyak ½ penuh – Berpikir bahwa kita masih lama berada di dunia ini sampai bertahun-tahun lagi (2 Petrus 3: 4)
Lampu Minyak penuh – Tahu bahwa tanda-tanda di Alkitab berjalan selaras dengan kejadian-kejadian saat ini (Matius 24: 33-34)
Kata mereka: “Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.” (2 Petrus 3: 4)
Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi. (Matius 24: 33-34)

26.
Lampu minyak ½ penuh – Hanya percaya tidak ada yang tahu hari atau jam kedatangan TUHAN (Lukas 12:39)
Lampu Minyak penuh – Percaya dan yakin akan hal itu akan tetapi KARENA tidak ada yang tahu hari atau jamnya, maka HAL TERSEBUT PERLU DAN HARUS DIPERHATIKAN! (Mat. 24:42)
Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. (Lukas 12:39)
Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. (Mat. 24:42)

sudden-rapture


Disusun oleh Susan Davis seperti yang diarahkan oleh ROH KUDUS

Diterjemahkan dari wall FB Susan Davis (dikutip dari Group Rahasia-Rahasia Akhir Zaman)

Iklan